16-Nov-2007

SUAKA MARGASATWA (SM) DANAU SENTARUM

Dasar hukum, letak dan luas

SM Danau Sentarum ditetapkan sebagai kawasan Suaka Margasatwa berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 757/Kpts-II/Um/1982 tanggal 12 Oktober 1982 dengan luas 73.906,25 Ha.

SM Danau Sentarum secara geografis terletak antara 045'-0102 Lintang Utara dan 11157'-11220 Bujur Timur. Secara administratif pemerintahan kawasan ini termasuk Kecamatan Semitau, Kecamatan Embau, Kecamatan Batang Lupar, Kecamatan Badau, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Dati II Kapuas Hulu, Propinsi Kalimantan Barat. Sedangkan secara administrasi kehutanan termasuk KPH Kapuas Hulu.

Potensi sumber daya alam

a. Topografi

Keadaan topografi SM Danau Sentarum pada umumnya dataran rendah dengan cekungan yang terendam air. Ketinggian berkisar 50-100 m dpl.

b. Iklim

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson SM Danau Sentarum termasuk ke dalam klasifikasi type A dengan curah hujan berkisar antara 4.000 mm sampai 4.727 mm/tahun. Kondisi suhu berkisar antara 22,90-31,05C.

c. Flora

Secara umum, di kawasan SM Danau Sentarum terdapat beberapa type hutan rawa, antara lain : hutan rawa kerdil, hutan rawa terhalang, hutan rawa Kawi - Kamsia, hutan rawa tegakan, hutan rawa Ramin - Mentangur - Kunyit, selain hutan rawa terdapat pula hutan tepian yang didominasi jenis rengas Gluta rengas, hutan perbuktian yang didominasi oleh jenis Dipterocarpacea, dan hutan kerakas.

d. Fauna

SM Danau Sentarum memiliki berbagai jenis satwa liar yang sangat beranekaragam, dan diantaranya adalah : Pongo pygmaeus (Pongo Pygmaeus), Siamang/ungka (Hylobates muelleri), Kera ekor panjang (Macaca fascicularis), Bekantan (Nasalis larvatus), Babi hutan (Sus Barbatus), Beruang madu (Helarctos malayanus), Bajing (Callosciurus notatus), Layang-layang (Hirundapus giganteus), dan berbagai jenis ikan seperti : Arowana (Sclerophages formosus), Linut (Sundasalanx cf. Microps), Seluang (Rasbora spp.), Belida (Notopterus borneensis), Baung (Mystus nemuzus), Tebirin (Belodontichthys dinema), dan lain sebagainya.

Potensi wisata alam

Disamping keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati, antara lain : pemandangan/panorama alam danau yang luas dan tenang, gejala alam, nilai dan sejarah.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan

Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain : menikmati panorama alam danau dengan bersampan, berenang dan lain-lain.

Sarana kemudahan dan pelayanan

Sarana kemudahan dan pelayanan yang sudah ada di SM Danau Sentarum antara lain : jalan patroli di dalam kawasan, pos jaga di pintu masuk, pos jaga di Dusun Kenelang, Desa Suhaid Kecamatan Semitau dan Kecamatan Batang Lupar, dan penginapan yang terletak di sekitar kawasan.

Pencapaian ke lokasi

Kawasan SM Danau Sentarum dapat dicapai dengan menggunakan bis umum menuju Kabupaten Sintang 8 km atau dengan pesawat udara 1 jam dan dari Sintang ke Smitau 4 jam pakai speed boat, dari Smitau ke pusat lapangan 1,5 jam dengan speed boat 40 HP. Waktu kunjungan bisa setiap saat dan tidak tergantung pada cuaca.

Peluang usaha yang dapat dikembangkan

Peluang usaha yang dapat dikembangkan di kawasan wisata Pasir Panjang antara lain : usaha jasa pemandu wisata, usaha jasa akomodasi, dan usaha jasa sarana boga.